ABSHOR - KAJIAN HIKAM IBNU ATHO'ILLAH


Sudah banyak Ulama’-ulama’ besar mensyarahkan karya besar ini, “Kitab Al-Hikam”, buah karya seorang Ulama’ besar zamannya, yaitu Asy-Syekh Al-Imam Al-Arif Billah, Abi Fadil Tajuddin Ahmad bin Muhammad bin Abdul Karim Ibnu Athaillah Al-Assakandary Radliyallaahu ‘Anhum. baik dalam bahasa arab maupun secara terjemahan dan pensaduran dari syarahnya ke dalam bahasa Indonesia.

Sebuah karya tulis yang sarat berisi tentang pendidikan akhlakul karimah yang amat tinggi. Dengan kalimat-kalimat yang singkat dan sederhana tapi mengandung arti yang sangat dalam dan sangat luas. Bagaikan lautan yang tidak bertepi, buah karya yang relevansinya abadi untuk sepanjang zaman, baik yang berkaitan dengan hubungan antara sesama hamba lebih-lebih tentang hubungan antara seorang hamba kepada Ma’budnya.
Isi kitab Hikam itu merupakan konsep-konsep kehidupan yang logis dan masuk akal serta rambu-rambu jalan yang cemerlang. Kemanfaatan isi kitab ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan hampir-hampir tidak ada seorangpun yang mendalami ilmu tasawuf dan menjalani kehidupan alam kesufian kecuali pasti telah menyelami lautannya, menenggak air susu dan madunya dan bahkan tidak sedikit yang menjadi mabuk dengan arak murninya.

Penulis mencoba ikut mensyarahkan dalam bahasa Indonesia, semata-mata untuk memenuhi kewajiban­ sebagai seorang hamba Allah yang dhoif, untuk belajar bersama-sama para santri dan teman-teman serta jamaah di pesantren.

Dalam forum kajian ini penulis berharap mendapat masukan dari para pengunjung dan pembaca web yang terhormat, silahkan Anda mengomentari dan berdiskusi di forum ini semoga menambah manfaat untuk kita semua, amiin
Sumber: www.ponpesalfithrahgp.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar, pesan, kritik atau saran untuk kami

Advertise