Dengan
pemahaman hati tersebut, seorang hamba dapat memahami secara langsung
makna yang dikandung didalam ayat-ayat Al-Qur’an yang sedang dibaca
maupun didengar. Berupa pemahaman yang amat luas dan universal sehingga
kadang-kadang tidak mampu diuraikan baik melalui ucapan maupun tulisan.
Pemahaman akan ma’na ayat yang didalamnya sedikitpun tidak dicampuri
keraguan sehingga dapat menjadikan iman dan takwa seorang hamba kepada
Allah Ta’ala menjadi semakin kuat.
Dalam menafsiri firman Allah SWT.:
إِنَّهُ لَقُرْآَنٌ كَرِيمٌ (77) فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ (78) لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ
“Sesungguhnya
Al-Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang
terpelihara.Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan” . QS.
al-Waqi’ah.56/77-79.
Ulama’ berbeda pendapat dalam mengartikan Al-Muthohharuun (Orang-orang yang disucikan).
- Dari Ibnu Abbas ra. yang dimaksud al-Kitab adalah kitab yang ada di langit, tidak ada yang menyentuhnya kecuali para malaikat yang disucikan. Seperti itu pula pendapat Anas, Mujahid, Ikrimah Said bin Jabir. Rodhiallahu ‘Anhum.
- Yang dimaksud Al-Qur’an disini adalah mushhab, maka tidak menyentuhnya kecuali orang yang suci dari junub dan hadats. Dengan dalil apa yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda :
وَلاَ يَمُسُّ الْقُرْآَنَ إِلاَّ طَاهِرٌ
“Dan tidak menyentuh Al-Qur'an kecuali orang yang suci”.*Tafsir Ibnu Katsir ayat 79 surat al-Waqi’ah*
c).
Tidak dapat menyentuh terhadap pemahaman-pemahaman Al-Qur’an yang qodim
(rahasia ilmu laduni) kecuali orang-orang yang hatinya bersih dan suci
dari kotoran-kotoran manusiawi. Allah SWT. mengisyaratkan hal tersebut
dengan firmannya :
وَإِذَا
قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِينَ لَا
يُؤْمِنُونَ بِالْآَخِرَةِ حِجَابًا مَسْتُورًا (45) وَجَعَلْنَا عَلَى
قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آَذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِذَا
ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي الْقُرْآَنِ وَحْدَهُ وَلَّوْا عَلَى أَدْبَارِهِمْ
نُفُورًا
“Dan
apabila kamu membaca Al-Qur’an niscaya Kami adakan antara kamu dan
orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, yaitu dinding
yang tertutup. Dan Kami adakan tutupan diatas hati mereka dan sumbatan
di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya”.
QS.al-Isra’.17/45-46.
Dari
ayat diatas jelas menunjukkan bahwa orang yang membaca atau
mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur’an belum tentu memahami isinya,
karena yang dibaca tersebut adalah Al-Qur’an hadits. Terhadap al-Qur’an
yang hadits ini siapa saja dapat menyentuhnya. Adapun yang dipahami
adalah Al-Qur’an yang qodim atau rahasia-rahasia dari ilmu laduni,
terhadap al-Qur’an yang qodim ini tidak semua orang dapat menyentuhnya
kecuali orang yang beriman dengan kehidupan akhirat. Sebab, yang
dimaksud dengan membaca atau mempelajari adalah amalan lahir, sedangkan
memahami adalah amalan bathin. Yang dibaca adalah yang lahir sedangkan
yang dipahami adalah yang bathin. Maka tidak dapat menyentuh yang bathin
kecuali dengan alat yang bathin pula, yaitu matahati yang cemerlang.
2). Bukti kebenaran Al-Qur’an.
Salah satu tanda-tanda kebenaran Al-Qur'an ialah bahwa isinya membenarkan isi kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Yang demikian itu menunjukkan bahwa kitab-kitab samawi tersebut adalah sama-sama wahyu dari Allah Ta’ala.
Salah satu tanda-tanda kebenaran Al-Qur'an ialah bahwa isinya membenarkan isi kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Yang demikian itu menunjukkan bahwa kitab-kitab samawi tersebut adalah sama-sama wahyu dari Allah Ta’ala.
3). Ilmu yang diwariskan.
Lafad “Kami wariskan”, artinya pemahaman hati tersebut diturunkan kepada orang yang menerima dengan tanpa usaha. Diturunkan semata-mata dari kehendak Allah Ta’ala, meski itu merupakan buah ibadah yang dijalani oleh seorang hamba. Oleh karena ilmu tersebut diturunkan sebagai warisan, maka tentunya yang menerima warisan itu harus mengetahui dengan pasti siapa yang mewariskan ilmu tersebut kapada dirinya. Dengan asumsi seperti itu, maka pemahaman ini hanya dapat dihasilkan dari rahasia pelaksanaan tawasul secara ruhaniyah kepada orang yang ditawasuli. Maksudnya, rahasia sumber ilmu laduni itu hanya dapat terbuka dari sebab pelaksanaan tawasul kepada orang-orang yang telah terlebih dahulu mendapatkan warisan ilmu laduni dari para pendahulunya. Jadi, ilmu laduni itu adalah ilmu yang ada keterkaitan dengan ilmu para guru mursyid sebelumnya, guru-guru Mursyid tersebut sebagai pewaris sah secara berkesinambungan sampai kepada Maha Guru yang agung yaitu Baginda Nabi Muhammad Rasulullah saw.
Lafad “Kami wariskan”, artinya pemahaman hati tersebut diturunkan kepada orang yang menerima dengan tanpa usaha. Diturunkan semata-mata dari kehendak Allah Ta’ala, meski itu merupakan buah ibadah yang dijalani oleh seorang hamba. Oleh karena ilmu tersebut diturunkan sebagai warisan, maka tentunya yang menerima warisan itu harus mengetahui dengan pasti siapa yang mewariskan ilmu tersebut kapada dirinya. Dengan asumsi seperti itu, maka pemahaman ini hanya dapat dihasilkan dari rahasia pelaksanaan tawasul secara ruhaniyah kepada orang yang ditawasuli. Maksudnya, rahasia sumber ilmu laduni itu hanya dapat terbuka dari sebab pelaksanaan tawasul kepada orang-orang yang telah terlebih dahulu mendapatkan warisan ilmu laduni dari para pendahulunya. Jadi, ilmu laduni itu adalah ilmu yang ada keterkaitan dengan ilmu para guru mursyid sebelumnya, guru-guru Mursyid tersebut sebagai pewaris sah secara berkesinambungan sampai kepada Maha Guru yang agung yaitu Baginda Nabi Muhammad Rasulullah saw.
Ayat
diatas menjadi bukti bahwa ilmu laduni yang dimaksud bukanlah sesuatu
yang didapatkan dari hasil bertapa didalam gua-gua di tengah hutan atau
di kuburan angker—yang kemudian orang itu mendapatkan “linuwih” atau
kelebihan-kelebihan dan kesaktian—yang datangnya tidak dikenali dari
mana sumber pangkalnya. Ilmu laduni adalah ilmu yang diturunkan Allah
Ta’ala didalam hati seorang hamba yang dipilihNya melalui proses
tarbiyah azaliah, sebagai buah ibadah yang dijalani.
Kalau
ada kelebihan atau kesaktian yang didapatkan orang dari hasil berburu
dengan mujahadah dan bertapa di hutan-hutan, meski orang tersebut
kemudian dapat berjalan cepat seperti mukjizatnya Nabi Sulaiman as.
misalnya, kelebihan seperti itu bisa jadi merupakan kelebihan yang
datangnya dari fasilitas makhluk Jin. Kelebihan seperti itu terkadang
hanya sebagai istidroj (kemanjaan sementara) belaka, yang kemudian
sedikit demi sedikit akan dicabut lagi bersama kehancuran pemilikinya.
Terlebih lagi apabila kelebihan-kelebihan itu dibarengi dengan sifat
sombong dan takabbur, sehingga cenderung hanya dijadikan alat untuk
unjuk kesaktian yang dipamerkan kepada orang banyak, jika demikian
keadaannya, maka itu dapat dipastikan bahwa kesaktian tersebut hanyalah
istidroj belaka. (bersambung)
Sejak
ilmu laduni itu memancar di hati seorang hamba, maka segera saja
hamparan hati itu menjadi bagaikan sungai yang bermata airnya, meski
sedang datang musim kemarau panjang, sedikitpun airnya tidak pernah
berkurang. Atau seperti pelita di dalam kaca kristal yang sumbunya
berminyak; “yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun
tidak disentuh api” QS.an-Nur/24. Pelita itu akan memancarkan sinarnya
setiap saat, meski sumbunya tidak pernah lagi dibasahi minyak. Hal
tersebut bisa terjadi, karena rahmat Allah lebih dahulu dipancarkan
sebelum pemahaman itu diturunkan, sehingga hamparan dada itu menjadi
tambang ilmu yang tidak pernah berhenti memancar, meskipun disaat
kesempatan untuk membaca dan mendengarkan sudah tidak dapat kembali
terulang.Bahkan terkadang ilmu laduni yang muncul itu sedikitpun belum
pernah tertulis dalam buku dan kitab yang ada. Berupa ilmu pengetahuan
dan pemahaman yang aktual dan akplikatif. Hasil perpaduan ayat yang
tersurat dengan ayat yang tersirat yang mampu menjadi solusi persoalan
yang sedang aktual. Sebab, ketika kitab-kitab yang sudah ada itu sedang
ditulis pada zamannya, keadaan yang sedang terjadi itu memang belum
pernah dimunculkan oleh zaman. Seperti itulah contohnya, maka Al-Qur’an
al-Karim diturunkan kepada Baginda Nabi saw. dengan cara
berangsur-angsur.Wahyu Allah itu diturunkan ayat demi ayat dengan
mengikuti proses perkembangan keadaan dan zaman, sehingga mampu menjadi
solusi dari setiap timbulnya tantangan dan kesulitan. Sungguh sangat
beruntung orang-orang yang berusaha bersungguh-sungguh mendapatkannya,
meski kemudian sampai mati dia belum juga pernah berhasil mencicipi
kenikmatannya, namun yang pasti minimal pernah mencium bauhnya.
Sumber: www.ponpesalfithrahgp.wordpress.com
Sumber: www.ponpesalfithrahgp.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan tinggalkan komentar, pesan, kritik atau saran untuk kami